10 Cara Belajar Efektif

CARA BELAJAR EFEKTIF

Kunci kesuksesan setiap orang adalah belajar. Belajar merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku, dimana perubahan itu dapat mengarah kepada tingkah laku yang baik, tetapi juga ada kemungkinan mengarah kepada tingkah laku yang buruk. Perubahan itu tidak harus segera nampak setelah proses belajar tetapi dapat nampak di kesempatan yang akan datang.

Belajar yang berkualitas bagi seorang pelajar adalah belajar yang efektif dan efisien. Dibawah ini adalah cara belajar yang efektif.

  1. BERDOA

  Yang pertama adalah berdoa. Seperti yang kita tahu usaha tanpa doa akan sia-sia, oleh karena itu sebelum mengerjakan sesuatu kita harus berdoa meminta pertolongan kepada tuhan supaya diberikan kemudahan dalam belajar.


 2. MEMBAGI WAKTU

 Sebagai pelajar pastinya jadwal sangat padat, karena itu kita harus pandai membagi waktu antara belajar dan bermain. Kamu bisa membuat jadwal kegiatanmu dengan cara ditulis dikertas lalu ditempel di dinding kamarmu supaya kamu ingat selalu.

 3. FOKUS SAAT GURU SEDANG MENJELASKAN 

 Saat dikelas kamu harus fokus mendengarkan gurumu yang sedang menjelaskan, Jika ada materi yang belum kamu pahami sebaiknya bertanya, malu beratanya sesat dijalan loh.


 4. BELAJAR SAMBIL MENDENGARKAN MUSIK

Bagi kamu pecinta musik, cara ini bisa kamu lakukan saat belajar. Musik bisa menambah semangat belajarmu. Tapi bagi kamu yang tidak suka musik jangan lakukan hal ini ya karena bisa mengganggu konsentrasi belajarmu.


 5. MEMINTA BANTUAN

Saat kamu sedang mengerjakan tugas sekolah pastinya ada materi yang belum dipahami, kamu bisa meminta bantuan kepada kakakmu atau orang tuamu untuk menagajarkan. Jangan sampai kamu tidak mau mengerjakan lalu mencontek tugas temanmu. Hal ini hanya akan membuatmu malas untuk kedepannya.


 6. MEMPUNYAI TUJUAN

Hal ini sangat penting dalam belajar, kamu harus mempunyai tujuan atau cita-cita. Kamu juga harus mempunyai target dalam belajar, misalnya mendapatkan nilai tinggi, nilai rapot memuaskan atau lulus dengan nilai dan prestasi yang bagus supaya bisa melanjutkan ke sekolah favorit.


 7. ISTIRAHAT

Dengan jadwal seorang pelajar yang sangat padat, kamu juga butuh istirahat supaya tubuhmu tetap sehat. Jangan lupa konsumsi air putih dan makanan yang seimbang.


 8. JAUHKAN HAL YANG MENGGANGGU BELAJAR

Jauhkanlah hal-hal yang mengganggu belajarmu, contohnya gadget. Gadget saat ini merupakan hal yang penting bagi manusia, banyak sisi positif dari benda ini, namun tidak sedikit pula sisi negatif dari gadget. Salah satunya adalah membuat kalian malas belajar. Kalian harus bisa menjauhkan benda ini saat belajar meskipun sangat sulit.


 9. MEMBACA

Kalian harus rajin membaca, membaca adalah gudang ilmu. Membaca tidak harus buku pelajaran, semua buku bisa kalian baca selagi ada manfaatnya.


 10. BELAJAR KELOMPOK

Cara ini bisa kalian lakukan bersama teman-teman kalian. Buatlah kelompok belajar, lakukanlah hal ini saat ada waktu luang atau hari libur.


~~~


Sekian tips belajar yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan. Semoga cara tersebut bisa bermanfaat dan membantu kalian dalam belajar. Terima kasih semoga membantu😊😊.


Komentar